Selamat Ulangtahun Buat Lo



Gak kerasa ya udah tambah ‘tua’ aja bumi pertiwi ini. Udah makin banyak aja perubahan-perubahan signifikannya. Udah makin banyak aja ya atlet yang go Internasional. Dan udah makin kacau ya, sepak bola Indonesia yang dulu bisa masuk FIFA.
Tapia pa yang udah gue lakukan selama ini untuk lo? Padahal selama ini lo udah banyak banget ngasih gue dan saudara-saudara gue kebaikan, kebahagiaan, keindahan. Gara-gara lo gue bisa ngerasain kesedihan, rasa simpati, rasa iba sampe rasa jengkel. Gara-gara lo gue bisa hidup sampe setua ini. 15 tahun. Dan lo 67 tahun.
Kira-kira 52 tahun yang lalu, kakek buyut gue udah memerdekakan diri lo dari jajahan Belanda ataupun Jepang. Bukan cuma kakek buyut gue, mungkin jutaan orang Indonesia udah mati-matian buat memerdekakan lo. Dan lo harus tau itu. Kalo gue sayang sama lo!!
Tapi sekarang gue gak tau mau ngapain. Buat upacara 17an aja gue ogah-ogahan gara-gara puasa. Padahal tepat di tanggal 17 Agustus 1945 dulu, Ir. Soekarno sama Moh. Hatta juga lagi puasa toh? Dan semua orang (muslim) juga puasa pada hari itu. Pagi-pagi mereka juga upacara, sama kayak yang kita lakukan saat ini.
Apa ya bedanya, dulu sama sekarang? Mungkin karena dulu masih ada Ir. Soekarno ya? Atau mungkin dulu hawa kemerdekaannya lebih berasa yaa?  Who knows?
Tapi yang jelas, sekarang kita udah lebih mudah dari pada jaman dulu. Sekarang kita lebih gampang kemana-mana. Gak perlu takut mati ditengah jalan. Gak perlu nyumput-nyumput buat sekolah. Dan gak perlu sembunyi-sembunyi buat ngibarin bendera kita. Kita cuma butuh satu haru aja buat ngibarin bendera kita. Bendera yang susah payah didapet. Dan yang gue punya sekarang adalah bendera merah putihyang udah pudar. Malu gue sama lo.
Buat gue lo itu sumber inspirasi terbesar gue. Buat gue maulebih maju lagi. Buat gue mau memperbaiki diri gue sendiri dan diri lo berikutnya. Karena bukannya gue nganggep lo itu buruk, gue cuma ingin lo jadiyang terbaik. Seperti apa yang kita semua harapkan.

Komentar

Postingan Populer