Tiba-Tiba Mario teguh

Semua orang punya masalah masing-masing. Entah itu masalah kecil, sedang, besar atau malah besar banget. Dan semua orang diberi masalah buat dieselesaikan. Bukan untuk di ratapi. Apalagi di-galau-in. Anyway, sadar atau engga kita merupakan orang yang sangat kepo dengan masalah orang lain. Entah itu masalah temen deket kita, temen sedang kita atau temen yang jauh sekalian.

Dalam level yang rendah, kepo itu gak bakal mengganggu orang yang punya masalah. Tapi kalau udah masuk ke level yang tinggi, namanya berubah jadi ikut campur, bukan kepo lagi. Dan gue rasa banyak orang yang gak suka masalahnya dicampuri orang yang gak berkepentingan. Meskipun terkadang sedikit banyak dari mereka membantu menyelesaikan masalah dan yang lain malah mem-besar-besarkan masalah yang kecil.

Emang gak ada salahnya juga sih buat bantu temen mecahin masalah yang lagi dihadapi. Tapi toh, itu juga kalau udah sesuai persetujuan mereka yang punya masalah. Terus, itu juga tergantung kita gimana cara mecahinnya. Kalau kita yang niatnya tadi bantu mecahin masalah, tapi malah nambah masalah gara-gara salah paham. Mending kasih saran yang baik aja deh. Dari pada nambah beban hidup orang.

Ngomong-ngomong soal cara mecahin masalah yang baik dan benar, menurut gue adalah dengan ngomong langsung dan diskusi dengan orang-orang yang berkepentingan. Walaupun itu berat, tapi kalau dicoba mungkin bakal lebih baik effort nya. Lain cerita kalau punya masalah yang pas ngomong langsung malah jadi otot-otot-an. It’s freak. Selain komunikasinya lebih jelas dan lancar karena gak pake pending, ngomong secara langsung bisa bikin kita tau apakah orang yang diajak bicara ini lagi ngebohong atau lagi bikin alasan dari gerak tubuhnya. Lagi pula udah banyak artikel online ataupun buku-buku tebal-nan-mahal yang ngebahas tentang gesture manusia saat diajak bicara. Lain lagi kalau masalahnya sama hewan peliharaan lo. 

Gue jamin lo gak akan bisa pake metode ini.

Anyway. Memang orang hidup di dunia yang penuh masalah, yang harus diselesaikan. Dan memang, masalah ini bikin kita tambah kuat untuk menjalani hidup di level selanjutnya. Dan masalah juga yang mengajarkan kita untuk tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya. Selain itu masalah juga menjadikan kita individu yang bisa dibilang lebih baik dan lebih sabar. Karena maslah merupakan bentuk cobaan yang diberikan Allah buat umatnya, biar imannya tambah kuat.

Sebenernya ada cara-cara mudah untuk menghindari masalah. Cara-cara mudah menurut gue adalah :
-          Kenapa gue harus terlalu peduli dengan kata orang ? Gak semua kata orang tentang hidup kita itu bener.
-          Kenapa terlalu negative thinking sama orang lain? Belum tentu semua orang itu buruk.
-          Kenapa terlalu pesimis ? Maksimalin kerja lo, doa yang banyak dan ikhlas. Karena gak semua masalah lo gara-gara orang lain, bisa jadi karena diri lo sendiri.
-          Kenapa gak jujur aja sama orang lain ?
-          Dan kalau punya satu masalah, buruan dikelarin. Jangan tunggu sampai masalah lain dateng dan malah bikin lo frustasi karena kebanyakan masalah.

Tapi jangan cari-cari masalah buat memperkuat iman juga keleeeus... ntar juga dateng sendiri.


Jadilah pribadi yang cinta damai, agar kehidupan juga menjadi lebih tentram. Hindari masalah karena hidup ini terlalu indah untuk dihabiskan dalam sebuah pertikaian. Meskipun begitu masalah akan menjadikan kita pribadi yang pandai bersyukur. Bersyukur karena di dalam sebuah masalah pasti ada pesan tersembunyi yang ingin tuhan ajarkan secara langsung kepada kita. Sekian.

Komentar

Postingan Populer